Minggu, 13 Maret 2011

Naskah MC formal

Yth. Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Bapak Prof. Marwanto Harjowiryono___
Yang kami hormati para direktur di lingkungan Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan
Yang kami hormati para peserta Pra Rapat Kerja I Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Tahun 2011

Assalamu'alaikum Wr Wb, Selamat Pagi dan Salam Sejahtera..

Sungguh patut kita panjatkan ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Penyayang karena berkat anugrah yang dilimpahkannya kita semua dapat berkumpul di Aula Ditjen Perimbangan Keuangan, Gedung Radius Prawiro Lantai 1 ini, dalam rangka melaksanakan agenda kegiatan kita, yaitu kegiatan Pra Raker DJPK I. Dan semoga Tuhan senantiasa melimpahkan rizki kemudahan agar kegiatan kita hari ini menghasilkan sebuah pencapaian yang lebih baik.

Saudara2 yang kami hormati, sebagaimana kita tahu, Rapat Kerja DJPK 2011 mengambil tema "Transformasi Kelembagaan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi dan meningkatkan kualitas kebijakan Hubungan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah yang mampu mendorong peningkatan kualitas keuangan daerah" dengan output yang diharapkan yaitu menghasilkan konsep awal penyusunan road-map atas transformasi kelembagaan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan.

Maka dari itu , di pagi hari yang penuh berkah ini, Senin 14 Maret 2011, diselenggarakanlah PRA Rapat Kerja Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan I, salah satu tahapan dari kegiatan raker dimana akan dibahas finalisasi materi yang akan dibahas dalam tiap2 komisi yaitu Komisi A tentang evaluasi atas kelembagaan DJPK untuk saat ini, Komisi B tentang Penataan Kelembagaan DJPK ke depan. Dan KOmisi C tentang pemanfaat dan pengembangan IT dan SDM dalam rangka transformasi kelembagaan DJPK.


Sebelum memasuki acara inti, terlebih dahulu akan kami bacakan rundown acara Pra Raker DJPK I untuk hari ini : yang pertama :
  1. Registrasi Peserta Pra Rapat Kerja
  2. Arahan dan Pembukaan Pra Rapat Kerja DJPK oleh Direktur Jenderal , Bapak Profesor Marwanto Harjowirono________
  3. Coffee Break
  4. Penyampaian Materi "Peran dan Fungsi Menteri Keuangan sebagai CFO dalam kaitannya dengan transfer ke daerah dan pengelolaan Keuangan Daerah" oleh Bapak Siswo Sujanto
  5. Diskusi
  6. ISHOMA
  7. Penjelasan Mekanisme Raker DJPK
  8. Pembahasan masing2 komisi
  9. Coffee Break
  10. Pembahasan masing2 komisi
Acara Pra Raker DJPK I hari ini akan berakhir pada pukul 17.00 WIB

Pada kesempatan yang berbahagia ini pula, kami sebagai pembawa acara atas nama panitia penyelenggara menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh pihak yang telah memberikan support dalam berbagai bentuk sehingga terselenggaranya acara ini.

Selanjutnya marilah kita simak Arahan sekaligus Pembukaan Pra RApat Kerja DJPK ini oleh Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, Bapak Profesor Marwanto Harjowiryono______________


Terima kasih kepada Bapak Dirjen atas arahan dan sambutannya

Simpulan Sambutan

Selanjutnya dipersilakan kepada para hadirin untuk menikmati kudapan manis yang telah tersedia. Coffee Break dijadwalkan selama 15 menit, dan akan berakhir pada _________
Selamat menikmati :)

Hadirin, para peserta Pra Rapat Kerja DJPK I yang terhormat, berikutnya adalah Materi "Peran dan Fungsi Menteri Keuangan sebagai CFO dalam kaitannya dengan transfer ke daerah dan pengelolaan Keuangan Daerah" oleh Bapak Siswo Sujanto. Bapak Siswo Sujanto adalah ______________
CV singkat




Kepada Bapak Siswo Sujanto, kami persilakan

Terima kasih kepada Bapak Siswo Sujanto atas materi yang telah disampaikan.
Simpulan materi


Acara berikutnya adalah sesi Diskusi.
Mekanisme Diskusi



Sesi diskusi dijadwalkan berlangsung selama 1 jam 45 menit, dimulai dari pukul 10.15 dan berakhir pada 12.00 yang untuk berikutnya dilanjutkan dengan ISHOMA

Selanjutnya acara diskusi kami serahkan kepada leader masing2 kelompok diskusi. Semoga sesi diskusi ini menghasilkan perumusan efektif yang tentunya bermanfaat bagi pelaksanakan Rapat Kerja DJPK 2011
Selamat Berdiskusi :)

Telah tiba waktu melaksanakan ibadah Sholat Dhuhur bagi yang beragama Islam. Kepada para hadirin dipersilakan beristirahat untuk makan siang dan beribadah bagi yang melaksanakan sesi ISHOMA dijadwalkan selama 1 jam dari pukul 12.00 sampai dengan 13.00


Hadirin sekalian, setelah mengisi ulang tenaga dan semangat marilah kita mulai kembali acara pra rapat kerja kita ini. Tentunya walaupun kalau kata orang ini adalah jam-jam kritis, namun kami yakin hal ini tidak akan mematahkan semangat kita pada siang ini.
Yak berikutnyua marilah kita dengarkan Penjelasan Mekanisme Rapat Kerja Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Bapak Prof Heru Subiyantoro _____, Kepada Bapak Heru kami persilakan.


Simpulan penjelasan


Selanjutnya adalah Pembahasan masing-masing komisi yaitu komisi A, B dan C yang akan difasilitasi langsung oleh Ketua dan Wakil Ketua masing2 komisi.



Hadirin yang terhormat, kami beritahukan bahwa jadwal acara untuk saat ini adalah waktu coffee break. Kami persilakan untuk menikmati hidangan yang ada dan juga waktu coffe break dapat dimanfaatkan untuk menunaikan ibadah Sholat Ashar bagi umat muslim.

Sesi selanjutnya adalah melanjutkan Pembahasan pada masing2 komisi

Alhamdulillah semua rangkaian acara pada Pra Rapat Kerja DJPK I hari ini telah terlaksanakan. Semoga hasil pra rapat kerja DJPK I hari ini menghasilkan rumusan signifikan untuk pelaksanaan Rapat Kerja DJPK pada 17-18 Maret 2011 nanti. Semoga pula tercapai tujuan Raker yaitu kesamaan persepsi dan kesatuan langkah menghadapi tantangan yang ada tercapai pada titik paling ideal. Evaluasi dan penataan terhadap masalah kelembagaan, hukum, bisnis proses, SDM, IT dsb akan mendukung visi kita menjadi unit organisasi yang semakin profesional, kredibel, transparan, dan akuntabel.

Lebih jauh lagi , semoga concern Menteri Keuangan terhadap DJPK yaitu peningkatan kualitas belanja daerah dapat terwujud.

Adapun untuk kegiatan Pra Rapat Kerja DJPK II akan dilaksanakan pada Rabu 16 Maret 2011 yang dimulai tepat pada pukul 07.30 WIB dengan agenda pembahasan komisi, laporan pelaksanaan rapat kerja, dan arahan sekaligus pembukaan raker oleh Menteri Keuangan.

Akhir kalam, kami selaku pembawa acara sekaligus mewakili panitia penyelenggara berterima kasih kepada seluruh hadirin dan mohon maaf atas perkataan maupun perbuatan yang kurang berkenan.

Selamat Sore, Wassalamu'alaikum Wr Wb